Welcome to my blog, hope you enjoy reading
RSS

Halaman

Rabu, 06 Juni 2012


Cara menumbuhkan minat belajar pada siswa

Kenapa sih malas belajar ... ????
Apa gak suka sama mata pelajarannya , , , ???
Heereeeeeeemmm , , , 


Terkadang banyak siswa yang tidak memiliki minat belajar yang baik. Yaaa , , ini mungkin sangat memperihatinkan bagi calon tenaga pendidik. Padahal minat belajar sangat penting ditanamkan dalam diri siswa disamping itu banyak manfaat dan ilmu yang bisa dikembangkan untuk mencapai prestasi siswa yang diinginkan. mau pintarr !! yuk ikuti tips berikut ini  . . . . 

  1. Memiliki niat yang tulus dan ikhlas dalam mempelajari suatu mata pelajaran yang harus tertanam dalam diri siswa.
  2. Siswa menyadari bahwa apa yang dipelajari akan berguna untuk kehidupan di masa yang akan datang.
  3. Dalam kelas guru harus mampu memiliki keterampilan dalam mengajar atau mampu memberikan materi dengan cara yang menyenangkan dengan kata lain “santai tapi serius” yang bertujuan agar siswa merespon dengan apa yang telah disampaikan.
  4.  Agar siswa tertarik dengan suatu mata pelajaran tertentu maka guru harus mudah bergaul dan tidak di segani/ditakuti oleh siswa sehingga komunikasi yang dilakukan antara guru dengan siswa berjalan dengan rilek dan enjoy seperti halnya “bapak dengan anak”.
  5. Perhatian yang dilakukan guru terhadap siswa dengan cara memuji siswa dengan hal-hal yang positif mampu merangsang siswa agar lebih tertarik dalam proses belajar.
  6. Orang tua siswa diwajibkan memberikan arahan dan motivasi terhadap anak  agar anak merasa diperhatikan, hal yang demikian sangat penting diterapkan dalam kehidupan anak baik dalam lingkungan keluarga, lingkungan sekolah maupun lingkungan masyarakat.
Mudah-mudahan dengan langkah-langkah di atas dapat berguna dan bermanfaat untuk kita sebagai calon tenaga pendidik. Amiin


2 komentar:

Kelompok BK mengatakan...

manteepp >>>>

Unknown mengatakan...

nice post,,,kep blogwalking jangan lupa kunjungan baliknya http://blogmamaqiral.blogspot.com

Posting Komentar